Selamat pagi Bunda dan Ayah PAUD
Om Swastiastu
Hari ini kita akan mempelajari tentang Strategi Pembelajaran PAUD ya bunda namun sebelum itu kita pahami dulu HAKIKAT PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK- KANAK.
A. Pengertian Pendidikan
Sebagai guru TK sebelum memahami tentang hakikat pendidikan TK tentu anda harus memahami betul tentang pengertian pendidikan. Terdapat berbagai pengertian pendidikan yang dikemukakan para ahli tentang pendidikan baik dalam arti sempit maupun pengertian dalam arti luas atau baik dari sudut pandang tertentu maupun pendidikan berdasarkan sistem.

Dalam Pengertian yang Lebih Luas pendidikan adalah segala pengalaman hidup dalam berbagai lingkungan yang berpengaruh positif bagi perkembangna individu yang langsung sepanjang hayat.
2. Pendidikan Dalam Arti Sempit
Dalam Arti sempit pendidikan identik dengan persekolahan yaitu pendidikan yang hanya berlangsung dalam suatu sekolah atau lembaga pendidikan tertentu yang diperlukan secara sengaja. Pendidikan dilakukan dalam bentuk kegiatan pembelajaran yang terprogram dan terencana serta bersifat formal.
Mengacu pada pendapat tersebut dapat dikemukakan bahwa dalam arti luas, pendidikan adalah segala bentuk pengalaman belajar yang berlangsung dalam lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat untuk mengembangkan kemampuan seoptimal mungkin sejak lahir sampai akhir hayat.
3. Pendidikan Berdasarkan Sistem
Pendekatan sistem memandang pendidikan sebagai suatu totalitas atau suatu kesatuan yang terdiri dari komponen- komponen yang satu sama lain tidak dapat dipisahkan dan berhubungan dengan secara fungsional dalam rangka mencapai tujuan.
Komponen- komponen tersebut meliputi hal- hal berikut :
a. Tujuan Pendidikan .
b. Peserta Didik atau Siswa.
c. Pendidik.
d. Isi Pendidikan atau Kurikulum.
e. Fasilitas Pendidikan .
f . Interaksi Edikasi .
B. Hakikat Pendidikan
1. Pengertian Pendidikan Anak Usia Dini, Taman Kanak-kanak , Dan Kelompok Bermain
Pendidikan TK merupakan salah stu bentuk pendidikan anak usia dini yaitu anak berusia empat sampai denagn enam tahun. Pendidikan TK memiliki peran yang sangat penting untuk mengembangkan kepribadian anak erta mempersiapkan mereka untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.
2. Pandangan Beberapa Tokoh Pendidikan Anak tentang Pendidikan TK
Froebel Memandang pendidikan dapat membantu perkembangan anak secara wajar. Apabila anak mendapat pengasuhan yang tepat, maka seperti halnya tanaman muda, anak akan berkembang secara wajar mengikuti hukumnya sendiri.
Montessori beranggapan bahwa pendidikan merupakan suatu upaya untuk membantu perkembangan anak secara menyeluruh dan bukan sekedar mengajar.
Ki Hajar Dewantara memandang anak sebagai kodrat alam yang memiliki pembawaan masing- masing dan kemerdekaan untuk berbuat seerta mengatur dirinya sendiri.
3. Hakikat Pendidikan TK / Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan Anak Usia Dini/ TK Pada hakikatnya adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan pada pengembangan seluruh aspek perkembangan anak. Oleh karena itu, pendidikan anak usia dini khususnya TK perlu menyediakan berbagai kegiatan yang dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan yaitu meliputi kognitif, bahasa, sosial, emosi, fisik, motorik dan seni.
Semoga Ulasan tentang Pengertian Pendidikan dan Komponen- komponen Pendidikan di Taman Kanak- kanak dapat bermanfaat bagi Bunda dan Ayah semua, kurang dan lebihnya saya mohon maaf .Sekian dan Terima Kasih ( Suksme ).....
Sumber : Buku PGTK 2202 Universitas Terbuka
Posting Komentar